Skip to main content

7 Hobi Yang Dapat Membuat Otak Makin Pintar





Jaman Dahulu banyak yang percaya bahwa setiap manusia memiliki level kepintaran tertentu. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah  menggunakan potensi untuk memaksimalkan kerja otak. Berikut adalah hobi-hobi yang dapat membuat otak menjadi pintar :

1. Bermain Musik



Hobi ini dapat meningkatkan kreativitas, kemampuan analisis, bahasa, matematika, gerak motorik, dan lainnya. Bermain musik dapat menguatkan corpus collasum atau bundel serat saraf yang menghubungkan otak kiri dan otak kanan. Nah itulah yang kamu dapatkan bila sering atau hobi bermain musik.

2. Membaca Apa Saja




Membaca apa saja, mulai dari buku ensiklopedi pengetahuan, sejarah,  novel dan lainnya, semuanya memberikan manfaat terhadap otak. Hobi ini dapat menurunkan stress dan meningkatkan kepintaran di otak kita. kalau kamu senang membaca, kamu dapat memecahkan masalah, menilai informasi, mendeteksi pola, memahami proses, dan merespon perasaan orang lain akan lebih baik.

3. Olahraga Teratur




Olahraga adalah faktor terpenting dari semuanya. Olahraga teratur lebih baik daripada hanya sesekali dengan intensitas tinggi.Dengan olahraga sel tubuh banyak mengandung BDNF, sebuyah protein yang membantu menambah daya ingat, belajar, fokus, konsentrasi, dan pemahaman. Banyak peneliti berspekulasi  manusia yang sering duduk terlalu lama akan membuat otak tidak bekerja secara maksimal.

4. Lakukan Olahraga Otak


Teka-teki, puzzle, sudoku, permainan papan, semua itu dapat meningkatkan neuroplastisitas. Hal ini mencakup perbuahan jalur saraf dan sinapsis, yang pada dasarnya adalah kemampuan otak menata dirinya sendiri. Orang yang memiliki neuroplastisitas yang tinggi jadi kurang rentan terhadap kecemasan dan depresi.

5. Belajar Bahasa Asing



Lupakan bermain puzzle, cobalah belajar bahasa asing. Sebuah penelitian mengatakan orang yang bilingual memiliki kemampuan memecah puzzle lebih baik dari pada yang hanya bisa satu bahasa saja. Ditambah lagi dengan dua bahasa maka kamu mempunya kemampuan memonitor lingkungan sekitar dan mengarahkan perhatian pada proses.


6. Uji Pelajaran Kumulatif Kamu


Banyak siswa cerdas di sekolah maupun perguruan tinggi menjejalkan informasi ketika menjelang ujian. Masalahnya, hal ini membuatnya menjadi cepat lupa dengan pengetahuan yang ia dapat. Salah satu alasan belajar bahasa baru membuat manusia lebih pintar adalah karena membutuhkan pelajaran kumulatif. Kamu dituntut untuk belajar lagi tentang tata bahasa dan kosa kata.

Di tempat kerja kamu dapat menerapkan pelajaran kumulatif ini. Cobalah melihat lagi hasil kerja yang lama, lakukan pengamatan ketika melakukan negosiasi penting, dan buatlah jurnal kecil yang menjadi menarik perhatian kamu.

7. Meditasi



Pada tahun 1992, Dalai Lama diundang oleh seorang ilmuan bernama Richard Davidson, untuk mempelajari gelombang otak selama meditasi. Ternyata gelombang otak mereka menunjukkan berada dalam keadaan kasih sayang yang sangat dalam. Meditasi cocok untuk orang yang ambisius karena dari hasil penelitian dari hobi ini, membuat gelombang otak mudah dikendalikan. Efek lainnya, orang jadi tahu apa yang ia inginkan. Keadaan itu sangat penting ketika kamu ketika bernegosiasi, meminta menaikkan gaji, dan menjual barang atau jasa.


Itulah beberapa hobi yang dapat membuat otak kamu tambah pintar, sekian terima kasih :)







Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara VGA dan RAM

Kalian semua pasti tau kan Vga Card dan RAM itu seperti apa? Pernahkah kalian pikirkan apa sih fungsi dari RAM dan VGA Card dan juga apa  bedanya dari kedua hardware tersebut, kali ini saya akan membahas tentang pertanyaan itu. Pertama-tama kita akan membahas apa itu RAM dan apa fungsinya.

Cara Menghitung Biner IP Adress

       Hai gaes, kali ini saya akan menjelaskan dan mengajarkan cara menghitung biner. Kalian pernah mendengar biner sebelumnya? Mungkin kalian pernah melihatnya di film-film dan biasanya biner sering dikaitkan dengan hacker dan programmer. Terlihat keren ketika sang hacker mengetikan kode-kode biner. Sebenarnya apa sih itu kode biner? Sistem bilangan biner atau sistem bilangan basis dua adalah sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1. Jadi bilangan biner hanya terbentuk dari dua bilangan 0 dan 1. Nah dibawah ini akan saya kasih contoh. #Misal Kita punya IP 192.168.1.1 Berapa Binernya?        Setiap angka 1 memiliki nilai tertentu sedangkan angka 0 memiliki nilai nol, maka dari itu biner mempunyai kelipatan dari pangkat 2 seperti gambar diatas. Lalu bagaimana dengan IP 192.168.1.1. Di dalam IP setiap biner mendapatkan 1 bit dan total dari biner IP v4 adalah 32 bit karena IP v4 memiliki 4 oktet dimana setiap oktetnya terdiri dari 8 bit j

Cara Setting IP Address di Debian 7 Wheezy

    Haloo... Assalamualaikum wr.wb, balik lagi nihh bersama saya di tutorial tentang debian. Di tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara setting IP di debian wheezy, okee langsung aja kita lanjut ke tutorialnya. Pertama-tama tama pastinya sudah terinstal debiannya dongg, kalau belum install terlebih dahulu debiannya seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya Cara Install Debian Wheezy . Pertama masuk ke debiannya menggunakan login root Setelah itu masukkan perintah " nano /etc/network/interfaces " untuk masuk ke pengaturan ip address     Lalu masukkan perintah seperti gambar diatas. Pada gambar diatas saya menggunakan IP kelas C dengan /28. Bagi yang belum tau mengenai subnetting IP Address kelas C silahkan bisa dibaca Cara Subnetting IP kelas C . Setelah selesai lalu kita exit dengan perintah ctrl+X lalu klik Y untuk menyimpan konfigurasinya.     Setelah disimpan jangan lupa direstart networknya dengan perintah "service ne