Skip to main content

Cara Menghitung Biner IP Adress



       Hai gaes, kali ini saya akan menjelaskan dan mengajarkan cara menghitung biner. Kalian pernah mendengar biner sebelumnya? Mungkin kalian pernah melihatnya di film-film dan biasanya biner sering dikaitkan dengan hacker dan programmer. Terlihat keren ketika sang hacker mengetikan kode-kode biner. Sebenarnya apa sih itu kode biner? Sistem bilangan biner atau sistem bilangan basis dua adalah sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1. Jadi bilangan biner hanya terbentuk dari dua bilangan 0 dan 1. Nah dibawah ini akan saya kasih contoh.

#Misal Kita punya IP 192.168.1.1 Berapa Binernya?


       Setiap angka 1 memiliki nilai tertentu sedangkan angka 0 memiliki nilai nol, maka dari itu biner mempunyai kelipatan dari pangkat 2 seperti gambar diatas. Lalu bagaimana dengan IP 192.168.1.1. Di dalam IP setiap biner mendapatkan 1 bit dan total dari biner IP v4 adalah 32 bit karena IP v4 memiliki 4 oktet dimana setiap oktetnya terdiri dari 8 bit jadi totalnya adalah 32 bit. 



       Jadi, IP 192.168.1.1 apabila kita convert ke biner angkanya berubah menjadi 11000000.10101000.000000001.00000001. mengapa demikian? karena IP v4 memiliki 8bit di setiap oktet, kita melakukan perhitungan dari kiri tetapi perpangkatannya sudah pasti dari kanan seperti pada gambar yang pertama. Nah total angka dari satu oktet IP adalah 255 kalau kamu tidak percaya coba kamu jumlah kan sendiri. Supaya kalian paham baca berulang penjelasan saya diatas dan coba untuk dipraktekkan. Kalian juga bisa mengubah angka sesuai dengan yang kalian inginkan dan coba kalian ubah ke biner. Selamat Mencobaa...

       Mungkin hanya sekian pembelajaran yang dapat saya sampaikan apabila kalian punya pertanyaan silahkan komentar dibawah ya.. Mohon maaf apabila artikel ini jurang jelas mungkin kamu juga harus membacanya berkali-kali. Sekali lagi terima kasih telah mengumjugi blog ini. Stay terus yaa.


Comments

  1. Waw sangat rumit sekali, terimakasih min atas informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang, harus dibaca berkali-kali dan yang terpenting harus dipraktekan :D

      Delete
  2. wah lumayan ribet yah :)
    Hehe
    Harus dibaca lagi nih :D

    ReplyDelete
  3. kurang 1 lagi gan... subneting blm :D

    ReplyDelete
  4. lalu gunanya ip di convert ke biner itu untuk apa gan?mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agar memudahkan perhitungan aja sih gan, kalo menurut ane *cmiiw

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara VGA dan RAM

Kalian semua pasti tau kan Vga Card dan RAM itu seperti apa? Pernahkah kalian pikirkan apa sih fungsi dari RAM dan VGA Card dan juga apa  bedanya dari kedua hardware tersebut, kali ini saya akan membahas tentang pertanyaan itu. Pertama-tama kita akan membahas apa itu RAM dan apa fungsinya.

Cara Setting IP Address di Debian 7 Wheezy

    Haloo... Assalamualaikum wr.wb, balik lagi nihh bersama saya di tutorial tentang debian. Di tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara setting IP di debian wheezy, okee langsung aja kita lanjut ke tutorialnya. Pertama-tama tama pastinya sudah terinstal debiannya dongg, kalau belum install terlebih dahulu debiannya seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya Cara Install Debian Wheezy . Pertama masuk ke debiannya menggunakan login root Setelah itu masukkan perintah " nano /etc/network/interfaces " untuk masuk ke pengaturan ip address     Lalu masukkan perintah seperti gambar diatas. Pada gambar diatas saya menggunakan IP kelas C dengan /28. Bagi yang belum tau mengenai subnetting IP Address kelas C silahkan bisa dibaca Cara Subnetting IP kelas C . Setelah selesai lalu kita exit dengan perintah ctrl+X lalu klik Y untuk menyimpan konfigurasinya.     Setelah disimpan jangan lupa direstart networknya dengan perintah "service ne