Skip to main content

Instalasi Debian 7 Wheezy di Virtual Box



    Assalamualaikum wr. wb. Haloo guyss, kali ini saya akan membahas tentang instalasi Debian pada virtual machine atau VirtualBox. Bagi yang belum tau silahkan dibaca terlebih dahulu Apa Itu Virtual Machine.  Sekarang kita lanjut aja yuk ke instalasi debian ini, sebelumnya untuk apa kita menginstal debian dan apa fungsinya?. Jadi tujuan kita yang pertama adalah untuk belajar :), ya selain itu kita akan membuat sebuah server dengan sistem operasi debian ini. Pertama-tama yang harus kalian lakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan, seperti file .iso debian wheezy, VirtualBox atau virtual machine lainnya, dan yang terpenting laptop atau pc itu sendiri.

#1. File .iso Debian Wheezy


    Untuk melakukan instalasinya ada 3 disk debian yang diperlukan, karena paket aplikasi dan file instalasinya ada di dalam ketiga disk tersebut. Total filenya yaitu 12 GB dimana per disknya berukuran 4 GB. Saya mendapatkan file .iso ini dari teman saya, kalian juga bisa mendownloadnya di web-web silahkan dicari aja.

#2. Membuat Virtual Machine Debian


    Buka aplikasi virtual box sobat lalu klik baru dan masukan nama serta tipe operasi sistem yang akan digunakan. Disini kita menggunakan sistem operasi tipe Linux dan versinya Debian 64 bit. Jika sudah klik next.


    Selanjutnya kita menentukan ukuran dari memory atau ram akan digunakan pada virual machine ini. Disini saya menggunakan memory sebesar 512 MB, menurut saya ukruan segini sudah cukup karena kita akan menginstal debian versi CLI (Command Line Interface) tidak yang versi GUI nya (Graphical User Interfaces).





    Setelah menentukan memory sekarang kita menentukan harddisk penyimpanannya. Disini saya menggunakan storage sebesar 10 GB untuk kebutuhan swap, root, home, dan data. Dimana nantinya ukuran swap area = 1 GB (2x ram), root = 3 GB, home = 3 GB, data = 3 GB. Jadi semua yang diperlukan totalnya adalah 10 GB.


    Setelah melakukan hal diatas selanjutnya kita buka pengaturan --> penyimpanan--> Masukan cd .iso debian 1 ke IDE untuk melakukan proses instalasi.

#3 Instalasi Debian

Ikuti langkah-langkahnya pada gambar berikut :






Apabila sebelumnya diminta memasukkan hostname buatlah nama sebagai nama device sebagai server debian itu sendiri. Lalu masukkan password untuk root. (*Gambar lupa di screenshot)





# 4 Mengatur Partisi




Untuk swap dan root jenis partisi yang digunakan yaitu primer bukan logical, untuk home dan data nantinya menggunakan logical.










    Instalasi selesai, sekarang kalian bisa login menggunakan user atau root. Apabila kalian login menggunakan user maka hak akses yang diberikan tidak penuh sedangkan apabila kalian login menggunakan root kalian akan mendapatkan akses penuh untuk melakukan konfigurasi dan sebagainya.



    Sekian tutorial yang saya buat semoga bermanfaat buat kalian semua, mohon maaf apabila masih banyak kesalahan dan kurang lengkap. Apabila memiliki pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar, sekian terima kasih wassalamualaikum wr.wb.



Comments

  1. kalo cara install di os laptop/pc gimana gan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita harus buat cd bootable nya terlebih dahulu, untuk cara instalasi semua hampir sama dengan menggunakan virtual box

      Delete
  2. mkasih sob infonya :) akhirnya ane bisa instal linux debian :D

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat gan terimakasih sudah bikin artikel ini hehe

    ReplyDelete
  4. alhamdulilah,makasih gan akhirnya bisa juga install debian wheezy

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara VGA dan RAM

Kalian semua pasti tau kan Vga Card dan RAM itu seperti apa? Pernahkah kalian pikirkan apa sih fungsi dari RAM dan VGA Card dan juga apa  bedanya dari kedua hardware tersebut, kali ini saya akan membahas tentang pertanyaan itu. Pertama-tama kita akan membahas apa itu RAM dan apa fungsinya.

Cara Menghitung Biner IP Adress

       Hai gaes, kali ini saya akan menjelaskan dan mengajarkan cara menghitung biner. Kalian pernah mendengar biner sebelumnya? Mungkin kalian pernah melihatnya di film-film dan biasanya biner sering dikaitkan dengan hacker dan programmer. Terlihat keren ketika sang hacker mengetikan kode-kode biner. Sebenarnya apa sih itu kode biner? Sistem bilangan biner atau sistem bilangan basis dua adalah sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1. Jadi bilangan biner hanya terbentuk dari dua bilangan 0 dan 1. Nah dibawah ini akan saya kasih contoh. #Misal Kita punya IP 192.168.1.1 Berapa Binernya?        Setiap angka 1 memiliki nilai tertentu sedangkan angka 0 memiliki nilai nol, maka dari itu biner mempunyai kelipatan dari pangkat 2 seperti gambar diatas. Lalu bagaimana dengan IP 192.168.1.1. Di dalam IP setiap biner mendapatkan 1 bit dan total dari biner IP v4 adalah 32 bit karena IP v4 memiliki 4 oktet dimana setiap oktetnya terdiri dari 8 bit j

Cara Setting IP Address di Debian 7 Wheezy

    Haloo... Assalamualaikum wr.wb, balik lagi nihh bersama saya di tutorial tentang debian. Di tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara setting IP di debian wheezy, okee langsung aja kita lanjut ke tutorialnya. Pertama-tama tama pastinya sudah terinstal debiannya dongg, kalau belum install terlebih dahulu debiannya seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya Cara Install Debian Wheezy . Pertama masuk ke debiannya menggunakan login root Setelah itu masukkan perintah " nano /etc/network/interfaces " untuk masuk ke pengaturan ip address     Lalu masukkan perintah seperti gambar diatas. Pada gambar diatas saya menggunakan IP kelas C dengan /28. Bagi yang belum tau mengenai subnetting IP Address kelas C silahkan bisa dibaca Cara Subnetting IP kelas C . Setelah selesai lalu kita exit dengan perintah ctrl+X lalu klik Y untuk menyimpan konfigurasinya.     Setelah disimpan jangan lupa direstart networknya dengan perintah "service ne