Skip to main content

10 Gurun Paling Ekstrim di Dunia



  Siapa sih yang belum tahu gurun. Gurun adalah wilayah daratan yang paling gersang di bumi ini. Selain paling gersang, gurun juga daerah yang berangin paling kencang. Di sana jarang turun hujan curah hujannya sangat kecil hanya sekitar 25 cm setahun. Lama juga yaa. Kali ini ane akan membahas tentang Gurun-gurun paling ekstrem di dunia.

1. Gurun Lencois Maranhenses, Gurun yang memiliki Laguna.
Gurun Lencois Maranhenses

    
   Brazil meripakan negara dengan luas hutan tropis terbesar di dunia. Mendengar nama hutan Amazon pasti langsung teringat Brazil. Namun, tahukah ente jika Brazil memiliki gurun pasir yang masuk dalam wilayah taman nasional Lencois Maranhenses. Tempat ini merupakan salah satu lokasi teinndah dan paling unik di dunia. Salah satu penyebab gurun ini menjadi begiu istimewa adalah laguna, ya benar, sebuah laguna di tengah gurun. Kerem ya gaes udah kaya pantai aja kelihatannya. Meskipun memiliki penamilan seperti gurun, curah hujan di sini sangat tinggi. Laguna ini dihuni oleh beragam ikan, kerang, kepiting, dan kura-kura. Saat mengering seolah tak ada lagi kehidupan yang tersisa. Para ilmuan berpendapat bahwatelur-telur ikan dan hewan lainnya mampu bertahan hidup di dalam pasir dan menetas saat hujan mulai turun.  Keren yaa, kapan ya bisa ke Brazill :D


2. Gurun Taklamakan, Gurun yang Tertutup Salju

    
Gurun Taklamakan
  Taklamaka merupakan salah satu gurun terbesar di dunia dan termasuk dalam wilayah china. Pada tahun 2008, suatu fenomena alam yang langka terjadi di sini. Tak seperti biasanya, salju turun dengan sangat banyak. Akbatnya, temperatur gurun menjadi sangat rendah dan seluruh permukaan gurun tertutup salju.

3. Death Valley, Gurun Lembah Kematian


Death Valley
   Dari namanya aja udah serem (Dead Valley), merupakan wilayah terendah di Amerika Utara. Curah hujan yang hanya 39,5 mm per tahun ditambah dengan bentang alam unik yang memerangkap panas dan menjadikan suhu gurn menjadi konstan. Pada tahun 1913, tercatat suhu yag menjadi rekor di Death Valley, yaitu 51,1 derajat Celcius. Meskipun lingkunan dan suhu di gurun ini sangat ekstrem, suku Timbisha, penduduk asli Amerika, menjadikannya sebagai lokasi tempat tinggal selama 1000 tahun terakhir.
  Gurun ini juga terkenal dengan fenomena 'batu berlayar' atau sailing sone. Batu-batu ini bergerak di atas permukaan gurun, meninggalkan jejak yang terlihat jelas. Sebagian ahli menduga angin yang menyebabkan batu-batu tersebut bergeser, tetapi sebenarnya belum ada jawaban pasti yang memuaskan.

4. Gurun Hitam
 
   Nanti, kita kita akan membahas gurun putih dan gurun merah. Kini, giliran gurun Hitam yang masih berada di mesir. Berada tak jauh dari gurun putih, gurun hitam terbentuk dari aktivitas gunung berapi dan didominasi oleh bebatuan hitam kecil yang berserakan di atas permukaan tanah berwarna oranye kecoklatan. Jadi, memang tak sepenuhnya hitam pekat gaes, tetapi tetap saja warna hitam mendominasi paras gurun. Tak ada hewan yang menghuni gurun hitam.

Gurun Hitam

5. Gurun Simpson, Gurun Merah
Gurun Simpson a.k.a Gurun Merah
    Australia memiliki empat buah gurun. Satu di antaranya, Gurun Simpson yang juga punya nama lain, Si besar Merah karena kehadiran gumuk-gumuk pasir berwarna merah. Satu gumuk yang paling tinggi adalah Nappanerica atau lebih dikenal sebagai Big Red yang menjulang tinggi hingga 40 meter, wuiiih tinggi banget ya hihihi :D. Gumuk pasir ini terlihat jelas dari kejauhan dan menjafi salah satu lokasi wisata populer di Australia tepatnya di Queensland.

6. Gurun Putih Farafra

    Gurun Farafra terleak di Mesir merupakan salah satu gurun yang berbeda dari gurn yang biasa kamu lihat. Farafra terkenal sebagai gurun putih ata Sahara el Beyda. Pasir di Gurun Farafraberwarna putih aau sedikit kecoklatan, tidak seperti umumnya pasir gurun yang kekuningan aau sedikit merah. Farafra juga memiliki formasi batu kapur dengan beragam bentuk yang mengagumkan yang terbentuk saat terjadi badai pasir.

Formasi Batu di Gurun Farafra
Gurun Farafra Mesir

7. Salar de Uyuni, Gurun Garam Terrbesar Dunia

Gurun yang berasal dari danau yang mengering
Salar De Uyuni
    Salar De Uyuni merupakan salah satu lokasi wisata paling favorit di Bolivia. Pada mulanya, Salar de Uyuni adalah bagian dari danau MInchin, sebuah danau raksasa masa prasejarah. saat mengring, tercipta dua danau biasa dan dua gurun garam Salar de Coipasa dan Salar de Uyuni yang beeukuran paling besar. Kandungan garam di sini diperkirakan sebanyak 10 miliar ton, sementara masyarakat setempat menambang garam kurang dari 25.000 ton per tahun.
    Kelebihan utama Salar de Uyuni adalah permukaannya yang sangat datar. Pada permukaannya, kita dapat melihat refleksi langit dengan sangat jelas. Di gurun ini juga terdapat beberapa danau dengan warna yang unik, tergantung pada kandungan mineral di dana.

8. Sahara, Gurun Terbesar di Dunia

    Tak pelak lagi, Sahara merupakan gurun terluas di dunia, meliputi sebagian besar Afrika Utara, yaitu luasnya sekitar 9.400.000 km². Gurun ini juga yang paling banyak dihuni manusia, sekitar 4 juta jiwa. Hingga kini, Sahara masih saja menarik perhatian dan minat banyak orang untuk mengunjunginya. Kehidupan suku padang pasir yang menghuni Sahara dan lingkungannya yang eksotik telah menjadikannya salah satu lokasi paling populer di Bumi.
    Luas gurun di dunia diperkirakan akan terus bertambah karena terjadinya proses penggurunan secara cepat sebagai akibat semakin berkurangnya vegetasi yang disebabkan penebangan hutan secara berlebihan. Tuh akibatnya bila kita menebang pohon sebarangan, nah mulai sekarang kita lakukan reboisasi dan menghentikan illegal logging

Sahara yang luas
Gurun Sahara

9. Namib, Gurun yang dihuni Gajah

Gajah Gurun
Gurn Namib yang dihuni Gajah

   Gurun Namibia berada di bagian Selatan Benua Afrika yang memiliki luas sekitar 81.000 km². Kalian dapat menjumpai gumuk pasir Sossusvlei yang menjulang hingga 300 meter. Dan jika cukup beruntung, kamu nuga dapat bertemu dengan gajah. Ya, Gurun Namibia merupakan satu-satunya gurun yang memiliki satwa Gajah. Di Utara, terdapat wilayah paintai yang dikenal dengan Pantai Tengkorak karena banyaknya bangkai kapal yang terdampar. Bahkan, ada beberapa bangkai kapal yang tergeletak 50 meter menjorok ke daratan gurun ini perlahan bergerak ke arah laut.

10. Atacama, Gurun Penuh Kehidupan

    
Gurun Atamaca terbentang sangat luas di Chili. Gurun Atacama masuk dalam daftar Guinnes Book World of Record sebagai tempat paling kering di muka Bmi. Namun, di selatan, gurun menjadi lebih bersahabat. Udara sejuk dari pesisir yang dikenal sebagai'camanchaca' membawa kelembapan yang mendukung kehidupan. Itu sebabnya, di sini kehidupan berkembang dengan sangat beragam.


Atacama Desert
llama yang inggal di gurun Atacama


Nah itulah 10 Gurun yang paling ekstrem di Dunia, keren-keren kan.. Terima Kasih yaa udah ngunjungin blog ane lagi, jangan lupa liat Fakta-Fakta Unik dan Menarik selanjutnya


Wassalamualaikum wr.wb




Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara VGA dan RAM

Kalian semua pasti tau kan Vga Card dan RAM itu seperti apa? Pernahkah kalian pikirkan apa sih fungsi dari RAM dan VGA Card dan juga apa  bedanya dari kedua hardware tersebut, kali ini saya akan membahas tentang pertanyaan itu. Pertama-tama kita akan membahas apa itu RAM dan apa fungsinya.

Cara Menghitung Biner IP Adress

       Hai gaes, kali ini saya akan menjelaskan dan mengajarkan cara menghitung biner. Kalian pernah mendengar biner sebelumnya? Mungkin kalian pernah melihatnya di film-film dan biasanya biner sering dikaitkan dengan hacker dan programmer. Terlihat keren ketika sang hacker mengetikan kode-kode biner. Sebenarnya apa sih itu kode biner? Sistem bilangan biner atau sistem bilangan basis dua adalah sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1. Jadi bilangan biner hanya terbentuk dari dua bilangan 0 dan 1. Nah dibawah ini akan saya kasih contoh. #Misal Kita punya IP 192.168.1.1 Berapa Binernya?        Setiap angka 1 memiliki nilai tertentu sedangkan angka 0 memiliki nilai nol, maka dari itu biner mempunyai kelipatan dari pangkat 2 seperti gambar diatas. Lalu bagaimana dengan IP 192.168.1.1. Di dalam IP setiap biner mendapatkan 1 bit dan total dari biner IP v4 adalah 32 bit karena IP v4 memiliki 4 oktet dimana setiap oktetnya terdiri dari 8 bit j

Cara Setting IP Address di Debian 7 Wheezy

    Haloo... Assalamualaikum wr.wb, balik lagi nihh bersama saya di tutorial tentang debian. Di tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara setting IP di debian wheezy, okee langsung aja kita lanjut ke tutorialnya. Pertama-tama tama pastinya sudah terinstal debiannya dongg, kalau belum install terlebih dahulu debiannya seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya Cara Install Debian Wheezy . Pertama masuk ke debiannya menggunakan login root Setelah itu masukkan perintah " nano /etc/network/interfaces " untuk masuk ke pengaturan ip address     Lalu masukkan perintah seperti gambar diatas. Pada gambar diatas saya menggunakan IP kelas C dengan /28. Bagi yang belum tau mengenai subnetting IP Address kelas C silahkan bisa dibaca Cara Subnetting IP kelas C . Setelah selesai lalu kita exit dengan perintah ctrl+X lalu klik Y untuk menyimpan konfigurasinya.     Setelah disimpan jangan lupa direstart networknya dengan perintah "service ne