Skip to main content

Belajar : Subnetting IP Address Kelas C



       Hai gaes, kali ini kita akan mempelajari subnetting IP Address. Pertama apa sih itu subnetting IP?, subnetting merupakan cara kita untuk mengatur atau menentukan jumlah IP yang dapat digunakan nantinya, Belum paham?. Jadi, contohnya kita mempunyai 30 komputer atau laptop dan sebagainya, nah kita ingin membatasi orang atau pengguna yang dapat terhubung dengan jaringan kita dengan cara subnetting, yaitu dengan memberi slash (CIDR) pada IP Address. Contohnya : 192.168.1.1/27 nantinya hanya akan ada 30 pengguna saja yang dapat terhubung dengan jaringan yang kita buat. Mungkin kalian masih belum paham maksud dari slash (CIDR) atau kok tiba tiba dari /27 jadi 30 pengguna yang dapat terhubung.. Oke nanti saya jelaskan..

#Contoh IP : 192.168.1.1/26

       Sebelum kita belajar menghitung kita harus mengetahui atau bisa menghitung biner. Kalian sudah pernah belajar biner atau menghitung biner? Jika belum bisa lihat artikel sebelumnya Cara Menghitung Biner IP Address. Oke kita lanjut ke bahasan menghitung IP Address kelas C. Menghitung IP mempunyai Rumus tersendiri.


       Jadi Slash kelas C itu dimulai dari angka /24 keatas sedangkan /24 kebawah itu sudah bukan kelas C lagi bisa jadi itu subnetting kelas B atau kelas A. Nah dari gambar diatas mengapa /26 dikurangi 32? Karena IP v4 terdiri dari 32bit biner jadi rumusnya dikurangi 32-26 atau 32-jumlah slash (CIDR) nya, Paham? Nah rumus selanjutnya hasil dari pengurangan tersebut dijadikat pangkat 2. Misalnya seperti gambar diatas 26-32=6 Nah angka 6 ditaro diatas 2 menjadi 2^6. Setelah itu hasil dari perpangkatan tersebut dikurang 2, mengapa demikian? Karena dikurangi untuk digunakan sebagai IP Network dan Broadcast.

       Sampai disini paham? Nah untuk Netmasknya itu kita menggunakan penghitungan biner yang sudah dibahas kemarin. Mungkin perlu saya kasih contoh lagi.

#Contoh kedua menggunakan IP: 200.200.30.50/27


     Rumus yang digunakan semuanya sama, nah perlu diperhatikan lagi saat melakukan subnetting kita harus terfokus pada bagian belakangnya saja. Lalu kita membuat kelipatan dari hasil rumus tersebut. Misalnya hasilnya 32 maka kita membuat kelipatan 32, yaitu 0,32,64,96 dan seterusnya dan yang perlu diperhatikan lagi yaitu angka didepan slashnya. Gambar diatas terdapat angka 50 berarti kita mencari kelipatan dimana angka 50 berada di gambar 50 berada diantara 64 dan 96 yang berarti networknya dimulai dari angka 64. Mungkin sekian yang dapat saya jelaskan mohon maaf apabila banyak kekurangan, terima kasih telah mengunjungi blog saya sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Have a Nice Day 


Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Cukup membantu ,kelas b nya juga dong

    Kunjungi juga
    Mobsternet.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara VGA dan RAM

Kalian semua pasti tau kan Vga Card dan RAM itu seperti apa? Pernahkah kalian pikirkan apa sih fungsi dari RAM dan VGA Card dan juga apa  bedanya dari kedua hardware tersebut, kali ini saya akan membahas tentang pertanyaan itu. Pertama-tama kita akan membahas apa itu RAM dan apa fungsinya.

Cara Menghitung Biner IP Adress

       Hai gaes, kali ini saya akan menjelaskan dan mengajarkan cara menghitung biner. Kalian pernah mendengar biner sebelumnya? Mungkin kalian pernah melihatnya di film-film dan biasanya biner sering dikaitkan dengan hacker dan programmer. Terlihat keren ketika sang hacker mengetikan kode-kode biner. Sebenarnya apa sih itu kode biner? Sistem bilangan biner atau sistem bilangan basis dua adalah sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1. Jadi bilangan biner hanya terbentuk dari dua bilangan 0 dan 1. Nah dibawah ini akan saya kasih contoh. #Misal Kita punya IP 192.168.1.1 Berapa Binernya?        Setiap angka 1 memiliki nilai tertentu sedangkan angka 0 memiliki nilai nol, maka dari itu biner mempunyai kelipatan dari pangkat 2 seperti gambar diatas. Lalu bagaimana dengan IP 192.168.1.1. Di dalam IP setiap biner mendapatkan 1 bit dan total dari biner IP v4 adalah 32 bit karena IP v4 memiliki 4 oktet dimana setiap oktetnya terdiri dari 8 bit j

Cara Setting IP Address di Debian 7 Wheezy

    Haloo... Assalamualaikum wr.wb, balik lagi nihh bersama saya di tutorial tentang debian. Di tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara setting IP di debian wheezy, okee langsung aja kita lanjut ke tutorialnya. Pertama-tama tama pastinya sudah terinstal debiannya dongg, kalau belum install terlebih dahulu debiannya seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya Cara Install Debian Wheezy . Pertama masuk ke debiannya menggunakan login root Setelah itu masukkan perintah " nano /etc/network/interfaces " untuk masuk ke pengaturan ip address     Lalu masukkan perintah seperti gambar diatas. Pada gambar diatas saya menggunakan IP kelas C dengan /28. Bagi yang belum tau mengenai subnetting IP Address kelas C silahkan bisa dibaca Cara Subnetting IP kelas C . Setelah selesai lalu kita exit dengan perintah ctrl+X lalu klik Y untuk menyimpan konfigurasinya.     Setelah disimpan jangan lupa direstart networknya dengan perintah "service ne