Skip to main content

Tutorial Mikrotik : #1 Install Mikrotik RouterOS dan Setting IP Address



    Mikrotik RouterOS merupakan sebuah sistem operasi yang dikeluarkan oleh mikrotik yang berguna untuk menjadikan laptop atau komputer kita menjadi sebuah router untuk dihubungkan satu sama lain menggunakan virtual machine.
Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara instal RouterOS di laptop. Bahan yang dibutuhkan antara lain :

1. Virtual Machine ( Virtual Box ) : Link download
2. RouterOS : Link download

Setelah bahan diatas sudah ada, langsung aja kita lakukan penginstalan seperti gambar di bawah ini.


Buat Mesin virtual baru





klik A untuk memilih semuanya, klik N untuk tidak menyimpan konfigurasi sebelumnya, dan yang terakhir untuk melanjutkan klik Y.


Copot cd terlebih dahulu lalu lakukan reboot
klik Y


login dengan menggunakan username default, yaitu admin dengan password dikosongkan saja, langsung enter.



    Pertama untuk mengetahui nama dan jumlah interface yang dimiliki kita dapat menggunakan perintah "interface print". Dan untuk melakukan penambahan IP dapat dilakukan dengan perintah "ip address add address= x.x.x.x/x interface=etherx" atau seperti contoh diatas.


    Untuk melakukan pengecekan ip setelah dikonfigurasi caranya cukup mudah, yaitu dengan mengetikkan perintah "ip address print" nanti ip address akan keluar beserta interface yang digunakannya.


    Setting IP di virtual host ethernet adapter pada laptop atau komputer kita, buatlah menjadi satu jaringan dengan RouterOS agar dapat terhubung, seperti contoh diatas.


    Lakukan test ping dari mikrotik untuk mengetahui apakah sudah terhubung dengan client atau laptop kita, apabila sudah terhubung maka akan mendapatkan reply dari IP yang tertuju dan juga lakukan sebaliknya ping dari laptop ke mikrotik.


    Apabila client tidak dapat mem ping server maka kalian perlu mematikan firewall pada laptop atau komputer kalian terlebih dahulu agar bisa terhubung.

    Mungkin sekian tutorial pertama mengenai mikrotik, nantinya akan ada banyang cara cara lain untuk mensetting mikrotik, ditunggu aja ya guys. Apabila kesulitan silahkan bertanya pada kolom komentar. Sekian Terima kasih telah berkunjung...


Wassalamualaikum Wr.Wb





Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara VGA dan RAM

Kalian semua pasti tau kan Vga Card dan RAM itu seperti apa? Pernahkah kalian pikirkan apa sih fungsi dari RAM dan VGA Card dan juga apa  bedanya dari kedua hardware tersebut, kali ini saya akan membahas tentang pertanyaan itu. Pertama-tama kita akan membahas apa itu RAM dan apa fungsinya.

Cara Menghitung Biner IP Adress

       Hai gaes, kali ini saya akan menjelaskan dan mengajarkan cara menghitung biner. Kalian pernah mendengar biner sebelumnya? Mungkin kalian pernah melihatnya di film-film dan biasanya biner sering dikaitkan dengan hacker dan programmer. Terlihat keren ketika sang hacker mengetikan kode-kode biner. Sebenarnya apa sih itu kode biner? Sistem bilangan biner atau sistem bilangan basis dua adalah sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1. Jadi bilangan biner hanya terbentuk dari dua bilangan 0 dan 1. Nah dibawah ini akan saya kasih contoh. #Misal Kita punya IP 192.168.1.1 Berapa Binernya?        Setiap angka 1 memiliki nilai tertentu sedangkan angka 0 memiliki nilai nol, maka dari itu biner mempunyai kelipatan dari pangkat 2 seperti gambar diatas. Lalu bagaimana dengan IP 192.168.1.1. Di dalam IP setiap biner mendapatkan 1 bit dan total dari biner IP v4 adalah 32 bit karena IP v4 memiliki 4 oktet dimana setiap oktetnya terdiri dari 8 bit j

Cara Setting IP Address di Debian 7 Wheezy

    Haloo... Assalamualaikum wr.wb, balik lagi nihh bersama saya di tutorial tentang debian. Di tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara setting IP di debian wheezy, okee langsung aja kita lanjut ke tutorialnya. Pertama-tama tama pastinya sudah terinstal debiannya dongg, kalau belum install terlebih dahulu debiannya seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya Cara Install Debian Wheezy . Pertama masuk ke debiannya menggunakan login root Setelah itu masukkan perintah " nano /etc/network/interfaces " untuk masuk ke pengaturan ip address     Lalu masukkan perintah seperti gambar diatas. Pada gambar diatas saya menggunakan IP kelas C dengan /28. Bagi yang belum tau mengenai subnetting IP Address kelas C silahkan bisa dibaca Cara Subnetting IP kelas C . Setelah selesai lalu kita exit dengan perintah ctrl+X lalu klik Y untuk menyimpan konfigurasinya.     Setelah disimpan jangan lupa direstart networknya dengan perintah "service ne